Pj Ketua TP-PKK Siti Chomzah: Pemkab Bogor Siap Jadi Tuan Rumah Pencanangan Gerakan Tanam Cabai Serentak se-Indonesia

0

CIBINONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor bersama Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) pusat dan Kabupaten Bogor matangkan persiapan pencanangan Gerakan Tanam Cabai serentak se-Indonesia. Rakor dilaksanakan di Ruang Rapat Pendopo Bupati Bogor, Cibinong, Selasa (13/2/2023).

Kabupaten Bogor dipilih menjadi tuan rumah kegiatan yang sekaligus bertepatan dengan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke-52. Hadir pada rapat tersebut Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Bogor, Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang), Ketua Bidang Penguatan Ketahanan Keluarga TP PKK Pusat, Ai Dariah Gede Suratha beserta jajarannya, dan jajaran Pemkab Bogor.

Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Bogor, Siti Chomzah menerangkan, rapat koordinasi ini dalam rangka mematangkan rencana Kabupaten Bogor menjadi tuan rumah pencanangan Gerakan Tanam Cabai (Gertam Cabai) yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.

“Rapat ini adalah tindak lanjut dari rapat-rapat sebelumnya, sebelumnya dilakukan survei lokasi pencanangan, yang dihadiri oleh Tim TP PKK Pusat, Badan Pangan Nasional, jajaran Pemkab Bogor dan TP PKK Kabupaten Bogor,” terang Siti Chomzah.

Siti menambahkan, rencananya Alun-Alun Cirimekar di Kecamatan Cibinong akan dijadikan lokasi pencanangan Gertam Cabai pada tanggal 4 Maret 2024 mendatang. Dan hari tersebut juga bertepatan dengan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52.

Ketua Bidang Penguatan Ketahanan Keluarga TP PKK Pusat, Ai Dariah Gede Suratha menjelaskan, Kabupaten Bogor terpilih menjadi tuan rumah pencanangan Gertam Cabai yang bertepatan dengan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke-52.

 “Selain Gertam Cabai, akan dilaksanakan juga Gerakan Pangan Murah, kampanye stop boros pangan yang merupakan permasalahan nasional yang sangat mendesak. Kemudian ada kegiatan edukasi peningkatan gizi terutama pada anak usia sekolah, pameran UMKM, dan kegiatan lainnya,” jelas Ai.

 Ai mengungkapkan, Alun-Alun Cirimekar di Kecamatan Cibinong yang diusulkan jadi lokasi pencanangan, menurut hemat kami sangat representatif. Kegiatan ini bertujuan untuk memasyarakatkan gerakan tanam cabai kepada masyarakat. Dimana cabai menjadi salah satu komoditas yang kerap memberikan dampak kepada inflasi setiap tahunnya.(Rls-HenQ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here