Tekan Lonjakan Harga, Pemkot Kendari Gelar Pasar Murah, Ada 2.200 Paket Subsidi Disiapkan

Kendari – Pasar murah yang digelar Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Kendari, resmi dibuka oleh Asisten II Pemerintah Kota Kendari Susanti yang berlangsung di Kelurahan Bende, Kecamatan Kadia, Kamis (6/4/2023).

Asisten II Pemerintah Kota Kendari Susanti menjelaskan, pasar murah digelar untuk menekan harga yang kerapkali melonjak jelang hari raya.

“Hadirnya pasar murah ini untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok dengan harga terjangkau. Pasar murah merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kota Kendari demi mewujudkan keseimbangan stabilitas harga dan ketersediaan stok di Kota Kendari,” kata Asisten II.

Sementara, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Kendari Alda Kesutan Lapae menjelaskan, untuk meringankan beban warga, Dinas Perdagangan memberikan subsidi pada paket yang disediakan.

Paket yang berisikan 3 Kg gula pasir, 3 Kg terigu dan 1 liter minyak goreng memiliki harga total sebesar Rp118 ribu. Dari harga itu kemudian disubsidi sebesar Rp 48 ribu, sehingga warga hanya membayar Rp 70 ribu untuk satu paketnya.

“Pasar murah ini diharapkan mampu menjangkau lebih banyak kebutuhan masyarakat dalam membeli bahan pokok, sehingga diharapkan kegiatan pasar murah ini dapat menekan laju inflasi,” harapnya.

Dia menjelaskan, mereka menyediakan sebanyak 2.200 paket yang akan disalurkan di 11 kecamatan di Kota Kendari.

Rencananya, kegiatan ini akan berlangsung hingga tanggal 15 April, bertempat di masing-masing kecamatan. Selain paket yang disediakan, masyarakat juga bisa membeli sejumlah kebutuhan pokok dengan harga distributor.

Barang yang dijual untuk umum diantaranya, telur, minyak goreng, bawang merah dan bawang putih serta terigu.

Dinas Perdagangan juga menyampaikan Terima kasih atas partisipasi sejumlah sponsor dari perbankan, pertamina maupun para distributor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here